Ternyata, Ini Alasan Sedan Masih Sangat Digemari di Pasar Mobil Mewah

JhiangChok
Ternyata, Ini Alasan Sedan Masih Sangat Digemari di Pasar Mobil Mewah

Di tengah tren sport utility vehicle (SUV) yang makin deras, sedan tetap punya arti signifikan di pasar mobil mewah. Ini masih terkait dengan persepsi mobil mewah itu sendiri di mata para konsumennya.

Jika mengacu pada penjualan BMW di Indonesia, model SUV BMW X1 saat ini sudah menjadi salah satu model terlaris. Akan tetapi, sedan BMW Seri 3 disebut kerap ‘menyalip di tikungan’.

“Seri 3 ini backbone (tulang punggung penjualan) BMW di Indonesia. Penjualannya sering kali menjadi nomor satu setiap bulan. Bergantian, kadang X1, kadang Seri 3,” pungkasnya merespons pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran New Seri 3 pada 2 Desember 2022 di Senayan, Jakarta.

Performa penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) khusus untuk merek BMW sendiri, berdasarkan data internal mereka, adalah 2.720 unit selama Januari-November 2022—naik dari 2.131 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Jika ditambahkan dengan merek MINI yang menjual model-model hatchback, jumlahnya menjadi 3.396 unit yang notabene naik 23 persen yoy.

Sayangnya, Jodie mengaku kurang mengingat komposisi antara X1 dan Seri 3 terhadap penjualan merek BMW. Ia hanya menyebut selisih dari ‘jagoan utama’ untuk SUV serta sedan di jenama asal jerman tersebut sangat tipis.

Fenomena masih digandrunginya sedan di pasar mobil mewah, nilai Jodie, terkait dengan pandangan para konsumennya terhadap sebuah mobil mewah.

“Mungkin lebih ke arah persepsi dari pelanggan. Kalau kita bicara mobil mewah, biasanya dalam pemikiran itu adalah sebuah sedan,” tandas dia.

Kondisi yang sangat kontras terlihat di pasar mobil Indonesia secara keseluruhan. Kontribusi sedan terhadap transaksi jual-beli mobil di Tanah Air luar biasa minim.

Data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terkini yaitu Januari-Oktober 2022 menunjukkan volume model-model berjenis sedan dari seluruh kategori—entry level hingga premium—hanya berjumlah 6.782 unit. Padahal, total pasar mencapai 822.013 unit.

Artinya, komposisi sedan di pasar tak sampai 1 persen. Tepatnya adalah 0,8 persen.

Demikian pula sumbangsih sedan terhadap produksi mobil secara lokal.

Data Gaikindo terkini (Januari-Oktober 2022) menunjukkan terdapat total 1.201.046 unit mobil yang dirakit sepanjang 10 bulan pertama tahun ini. Namun, sedan hanya 20.980 unit atau sekitar 1,7 persen di antaranya.(Sumber : https://www.mobil123.com/berita/ternyata-ini-alasan-sedan-masih-sangat-digemari-di-pasar-mobil-mewah/67157)

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.